PKM ANAK USIA DINI UNTUK MENINGKATKAN KOMONIKASI BERBASIS GAME ANIMASI KABUPATEN MAROS

Dalam pengabdian kepada masyarakat ini dengan judul “PKM anak usia dini TPI Maros dilaksanakan oleh tim Universitas Fajar , dimana Muhammad Takdir Muslihi sebagai ketua dan Andita Dani Achmad sebagai anggota. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan komunikasi berbasis game animasi bertujuan untuk melatih dan menerapkan kemampuan pendidik terhadap penggunaan aplikasi game (permainan) dalam proses belajar mengajar di kedua sekolah (TK) mitra yaitu TPI Maros. Tujuan khusus dalam pengabdian ini adalah dalam rangka untuk pengembangan, peningkatan profesional pendidik serta peningkatan kualitas para pendidik.

Beberapa metode yang digunakan dalam program kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah metode Tanya jawab dan diskusi untuk mengetahui pengetahuan secara umum para pendidik terhadap aplikasi multimedia dan teknologi pendukungnya, metode ceramah digunakan pada saat penyajian materi-materi yang berbentuk pengetahuan dan pemahaman teoritis tentang perangkat  berbasisi game animasi. Metode demonstrasi digunakan untuk memberikan dan memperagakan langkah-langkah dalam pembuatan aplikasi game. Metode simulasi metode ini digunakan untuk memperlihatkan hasil dari suatu aplikasi game dan keberhasilan dari fungsi-fungsi atau fitur dari aplikasi yang telah diimplementasikan.

Target yang ingin dicapai dalam program kemitraan masyarakat (PKM) pendidik mampu menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan serta menarik berdasarkan kemampuan mengorganisasi konsep cerita (cerita, dongeng dan materi) dan metode kedalam bentuk  berbasisi game animasi. Pendidik mampu menerapkan metode bermain dan belajar, wajudnya adalah membuat aplikasi dan mengimplementasikan game berdasarkan spesikasi teknologi dan sistem operasi. Penggunaan  berbasisi game animasi dari warna tulisan, warna gambar objek, latar, suara atau animasi didesain sedemikian rupa untuk menumbuhkan minat dan kemampuan komunikasi belajar anak. Game dijadikan sebagai aplikasi  berbasisi game animasi sederhana yang bersifat mengandung pembelajaran dan prinsip pembelajaran pada anak usia dini adalah belajar sambil bermain, bermain seraya belajar. Pada game mengandung pembelajaran (game berhitung, game budaya, game teka teki, game tebak huruf, dll), menghibur, menyenangkan, gembira, demokratis sekaligus sebagai upaya untuk menarik minat belajar anak. Kegiatan ini bekerja sama dengan DPRM Kemenristek dikti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *